Renovasi Bale Dangin dan Bale Gong Menggunakan Granit Alam

Pada postingan pertama ini saya ingin mengulas sedikit mengenai Proyek Renovasi Bataran Style Bali pada bangunan Bale Dangin dan Bale Gong di rumah klien kami bapak Made Kartawan di Sidakarya. Beliau sebelumnya menggunakan batu paras kerobokan sebagai finishing bataran bale style Balinya. Namun karena sudah keropos oleh panas dan hujan sehingga pak Made meminta kami untuk menggantinya dengan granit alam.

Batu paras kerobokan termasuk ke dalam golongan batuan lunak, tepatnya jenis limestone. Di pasaran banyak dijual batu paras yang berasal dari dua daerah yaitu paras kerobokan dari Bali dan paras Yogya dari Yogyakarta.Sebenarnya batu paras ini cocok untuk interior maupun eksterior. Namun ada hal yang perlu diingat bahwa batu paras memiliki tingkat porositas yang tinggi sehingga mudah lembab dan ditumbuhi lumut. Sehingga apabila dipergunakan di luar ruangan (eksterior) hendaknya dilapisi dengan coating. Dalam kasus keroposnya batu paras di rumah klien kami ini mungkin disebabkan proses coating yang tidak sempurna pada saat pemasangan.

Menggantinya dengan batu granit adalah solusi tepat, karena batuan jenis ini termasuk dalam golongan batuan keras dan memiliki pori-pori sangat rapat sehingga tidak mudah ditumbuhi lumut. Granit juga tahan terhadap suhu tinggi sehingga banyak dipakai pada meja dapur. Perawatannya begitu mudah karena kilapnya tidak akan hilang oleh cuaca dan warnanya tidak berubah meski terkena tumpahan kopi atau makanan berwarna lainnya. Apakah harganya mahal? anda tentu tidak akan bicara harga apabila anda mendapatkan berbagai keunggulan dari segi keindahan dan durabilitas (ketahanan bahan). Berikut ini kami lampirkan foto sebelum dan setelah renovasi.



Bale Dangin

Bale Dangin

Bale Gong

Bale Gong

Bale Gong

Terlihat pemakaian granit Star White dipadukan granit China Red membuat suasana menjadi terlihat lebih modern dan minimalis, namun tetap kuat dan tahan lama. Apabila anda berminat dengan granit sebagai pilihan finishing bale adat anda silahkan hubungi kami di 082144660228 atau WA 081805667677.[ask]



Komentar

Postingan Populer